Tiga Hal Penting Yang Dijaga NU Menurut Abah Yuyun

Abah Yuyun: Tiga Hal yang dijaga NU

Ada tiga hal yang dijaga oleh Nahdlatul Ulama menurut Rois Syuriah MWC NU Beji Depok, H Yuyun Wirasaputra saat memberikan sambutan pada rapat tim formatur pengurus MWC NU Beji Kota Depok yang dilaksanakan di kediamannya, sabtu malam, 22/12/2012.

Pertama adalah menjaga agama. Ya, agama harus dijaga menurutnya. Karena agama membawa kemaslahatan dan kebaikan bagi umat. Oleh karena itu dukungan kita kepada pemerintah adalah dibatasi pada kemaslahatan. Sepanjang pemerintah memberikan kemaslahatan maka kita atau NU pasti mendukung. Hal ini sebagaimana dicontohkan oleh para pendiri Nahdlatul Ulama’ yang memperjuangkan kemerdekaan republik Indonesia dan membentuk pemerintahan RI.

Kedua, menjaga umat. Termasuk dalam menjaga umat yaitu tradisi yang sudah berjalan di tengah-tengah kaum muslimin Beji. “Udah tradisi orang Beji bangun malam jam dua dinihari. Kita bangga dan harus menjaga tradisi ini” kata mantan Wakil Walikota Depok tersebut.

Tradisi masyarakat Beji juga mereka kerap memasang logo NU di masjid/mushollanya. Tetapi seiring pergantian DKM yang tidak mengenal tradisi orang Beji maka logo NU kemudian dicopot.

Bahkan ada yang menganggap mereka tidak butuh label/identitas NU. “Kita pakai logika institusi saja” katanya. Misalnya institusi polri apakah mau dan boleh pake seragam TNI. Dan sebaliknya. Tentu tidak. Karena perbedaan institusi dan organisasi. Karena itu identitas itu penting agar NU tidak disusupi kelompok-kelompok yang berseberangan.

Dan yang ketiga, tugas NU adalah menjaga bangsa dan negara. Hadirnya NU untuk melindungi yang tiga tadi. Disamping kita juga punya hak untuk dilindungi oleh undang-undang.

Rapat tim formatur MWC NU Beji dihadiri oleh perwakilan ranting dari 5 kelurahan di Beji (Kemiri Muka, Kukusan, Pondok Cina, Beji dan Beji Timur).

( Santri Noesantara/Darul Qutni) 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *