Sakralitas Upacara Bendera Merah Putih

Depok ( Santri Noesantara – Barisan Santri putra-putri memenuhi halaman sekolah Pesantren Himatul Aliyah, mereka berseragam dan sigap 

Bpk Kholidi selaku pembina upacara mengatakan di hadapan peserta upacara bulanan bahwa kegiatan upacara bendera bukanlah ritual sembah bendera, namun kegiatan ini adalah kegiatan sakral yang rutin dilakukan oleh kita semua rakyat indonesia yang menghargai jasa para pahlawan yang dengan susah payah dan darah meraih dan mempertahankannya.

Beliau menjelaskan bahwa esensi hormat bendera bukan hanya sebatas makna lahiriyah namun makna penghormatan kepada bahwa di balik seutas bendera itu terdapat spirit pembebasan sehingga kita semua bisa bebas hidup merdeka.

Dalam rangka upacara bendera ini pula beliau memberikan motivasi kepada para Santri Himatul Aliyah, bahwa santri adalah penerus masa depan bangsa, dan kalian harus belajar dengan tekun, tetap fokus dengan tugas belajar kalian, raihlah mimpi dan cita cita kalian. Masa depan di tangan kalian. Lanjutnya, beliau memberi tips metode belajar yang baik, bahwa belajar itu yang bagus di pagi hari, kenapa di pagi hari. Agar fokus. Jangan pernah terlambat masuk kelas dan jangan menunggu guru mu marah, taati mereka agar dapat keberkahan.

(Santri Noesantara/ Alwi Sahlan).