PERGUNU Kota Depok bicara Hardiknas dan hikmah sejarah bagi Bangsa Indonesia kedepan

Apa yang dimaksud dengan pendidikan? Secara umum, pengertian pendidikan adalah suatu proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekumpulan manusia yang diwariskan dari satu genereasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, pelatihan, dan penelitian.

Ada juga yang mengatakan definisi pendidikan adalah suatu usaha sadar yang dilakukan secara sistematis dalam mewujudkan suasana belajar-mengajar agar para peserta didik dapat mengembangkan potensi dirinya. Dengan adanya pendidikan maka seseorang dapat memiliki kecerdasan, akhlak mulia, kepribadian, kekuatan spiritual, dan keterampilan yang bermanfaat bagi diri sendiri dan masyarakat.

Dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia tanggal 2 Mei adalah hari bersejarah, yaitu Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas, banyak lembaran sejarah mencatat peristiwa ini adalah salah satu bentuk penghargaan kepada seorang pahlawan yang bernama Ki Hajar Dewantara.

Beliau sebagai tokoh pelopor pendidikan di Indonesia dan pendiri lembaga Pendidikan Taman Siswa, di tahun 2019 ini semoga kita semua dapat meneladani ajaran ajaran pendidikan yg diprakarsai oleh Bapak Pendidikan Kita, Bapak Ki hajar Dewantara.

Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri andayani. di depan memberi contoh, di tengah memberi semangat dan di belakang memberikan daya kekuatan.

Guru merupakan ujung tombak pendidikan Di Indonesia, sungguh sangat elok sekali jika Guru dapat memahami dan mempraktekkan ajaran yg di ajarkan oleh Bapak Pendidikan kita di atas. Apalagi di era milineal dan digital tantangan tak mudah bagi Guru dalam memajukan Pendidikan kita terutama pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti.

Semoga Maju Pendidikan Indonesia, maju Bangsaku dalam Bingkai NKRI..

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL.

Acep Pudholi, M. Pd (Ketua Pergunu Kota Depok)