Pergunu Kota Depok adakan Bukber dan Santunan, ratusan Yatim, Janda dan Dhuafa hadir.

Tepatnya di Yayasan Ittihad Al Islami Citayam An Nahdliyyah Sabtu, (1/6/19) para pengurus cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PC Pergunu) kota Depok, mengadakan acara Bukber dan Santunan.

Ramadhan bulan penuh berkah, bulan suci yang dinanti, saat ini sudah memasuki Ramadhan dihari ke-27, seakan terus berusaha untuk menjadi manusia paripurna yang bertaqwa, dengan berbuat dan berusaha untuk masyarakat.

H. Agus Riadi ketua LTMNU Kab.  Bogor

Acara yang dirangkai dengan pembacaan Tahlil, Tawassul, Maulid Simtuddurrar dan Khotmil Quran, dipimpin oleh Kyai Hasan Syadjili, berjalan dengan lancar dan khidmat walau suasana diguyur hujan sampai menjelang maghrib berbuka.

Hadir ratusan jamaah, anak-anak yatim, janda dan kaum dhuafa mendapatkan santunan berupa uang dan bingkisan sembako yang dibagikan secara langsung menjelang berbuka puasa bersama.

Acara yang diinisiasi oleh Pergunu dan sinergi program dengan Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupatem Bogor dan juga banom lain seperti Lembaga Ta’lif wan Nasyr, dihadiri Ansor Banser Kabupaten Bogor dan kerjasama dengan YBM PLN Bogor.

Ust. Abdullah Noer, Pergunu Depok

Ustadz Abdullah Noer mewakili Pergunu kota Depok yang dalam sambutanya menyebutkan “Ramadhan bulan yang penuh berkah, yang banyak sekali keistimewaan, ada tiga keuntungan bagi yang melaksanakan ibadan dibulan suci ini, yaitu diawal akan mendapatkan rahmatnya Allah, kedua mendapatkan Ampunan dan ketiga kerbebas dari api neraka”. Ujar beliau dihadapan anak-anak yatim, janda dan Dhuafa yang hadir.

Dalam sambutan mewakili Pengurus Cabang Lembang Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama Kabupaten Bogor, H. Agus Riadi sebagai ketua yang menaungi 7000 masjid se-Kabupaten Bogor mangatakan “kita makmurkan Masjid, insya Allah hidup kita akan bahagia selamat dunia akhirat, adik-adik generasi Millenial adalah penerus bangsa penerus agama yang harus aktif untuk mengelola dan menata managenen Masjid berikutnya, apalagi dibulan penuh berkah ini, mari kita sama-sama untuk giat membangun dan aktif di masjid-masjid, di Majlis Talim, supaya terbangun ruhaniyah dan sifat sosial kita.”

Menjelang acara berbuka, ada penampilan Dai cilik asal Garut yang sengaja hadir jauh untuk berdakwah ke wilayah Kabupaten Bogor ini, Murtadho Haidar, yang dalam ceramahnya mengajak kepada para hadirin untuk giat dalam belajar, jangan malas, mencapai cita-cita yang cemerlang tidaklah gampang, harus berusaha.

Dai cilik yang mencengangkan para hadirin ini dengan lantang orasinya membuat ara hadirin Ibu-ibu dengan bangga dan berharap anaknya bisa menjadi seperti dai cilik Haidar.

Mewakili Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama Jabar, Ustadz Abdul Hadi Hasan, Lc menjelaskan keutamaan Ramadhan dan sekaligus memohon kepada jamaah yang hadir untuk membacakan surah alfatihah untuk mendoakan almarhum Dr. Raden Anwar Musaddad ketua Rijalul Ansor Garut yang belum lama meninggal dunia.

Diakhir acara sebelum waktu berbuka puasa, ada pembagian sembako, uang santunan untuk para Janda, Yatim dan Dhuafa yang sengaja diundang hadir.

Hadir pula para perwakilan pengurus LTMNU Kabupaten Bogor, LTNNU Kabupaten Bogor, LDNU Jawa Barat, Pergunu Kota Depok dan Banser yang mengamankan berjalannya acara.

Ditutup dengan buka puasa bersama, dilanjutkan sampai shalat Tarawih berjamaah yang di Imami oleh perwakilan dari LTNNU Kabupaten Bogor, ustadz Abdul Hakim Hasan.