Pergunu Depok adakan Seminar Jurnalistik Pelajar di PPQ Tansyitul Muta’alimin

Bojonggede-Bogor, Aksi para pelajar belakangan ini menjadi sorotan media Nasional, turunya mereka ke jalan dengan dalih menyampaikan aspirasi di depan gedung DPR-MPR beberapa hari lalu yang sampai menimbulkan kerusuhan dan sampai perbuatan anarkis penghancuran fasilitas umum di Jakarta.

Oleh karena itu terdorong bagi pengurus persatuan guru Nahdlatul Ulama Kota Depok untuk membina ke sekolah-sekolah.

ratusan santri hadiri seminar Jurnalistik

Dalam hal ini ketempatan para pengurus Pergunu untuk road show dengan tema “Deklarasi Pelajar/Santri Damai” di Ponpes Tansyitul Muta’alimin Citayam Bojonggede.

170 siswa-siswi tingkat SMP sampai SMA hadir dalam pembekalan yang dilakukan oleh pengurus Pergunu kota Depok, hadir Acep Pudholi sebagai ketua, Abdul Hadi Hasan mewakili LTNNU Jabar, Dasmansyah sebagai Akademik kota Depok dan Hakim Kautsar ketua Peace Leader Bogor

Komunikasi adalah suatu proses atau suatu kegiatan penyampaian pesan dari seseorang kepada orang lain untuk dapat mencapai tujuan tertentu.

Pemateri seminar jurnalistik santri damai

Sebagai makhluk sosial, kita tidak bisa menghindar dari tindakan komunikasi menyampaikan dan menerima pesan dari dan kepada orang lain. Tindakan komunikasi ini akan terus menerus terjadi selama proses kehidupannya.

Dalam Islam, saat menerima informasi kita harus tabayyun, dengan adanya tabayyun maka segala informasi akan dipastikan terlebih dahulu kebenaran dan keberadaannya, tentu jika kebenaran dan keberadaan ini salah akan membuat masalah nantinya. Untuk itu tabayyunilah terlebih dahulu apa yang kalian dengar, jika itu benar adanya boleh lah kalian berikan berita itu kepada orang lain. Jika tidak benar, berhentilah sampai pada kalian saja. Ujar Abdullah Noer pembicara sesi terakhir yang juga sebagai wakil ketua Pergunu Depok.

Lebih jauh lagi Abdullah menjelaskan manfaat tabayyun antara lain, menjaga silaturrahin, menjaga persahabatan, menjaga dari kesalah fahaman dan menghindari fitnah, mari sama-sama kita jaga persatuan dalam bingkai ukhuwah Islamiyah antar saudara se iman, ujar beliau mengakhiri sesi Road Show Pergunu Depok dan diakhiri dengan Deklarasi Pelajar Damai Indonesia.

Acara yang dirangkai sejak pukul 9 pagi (28/9/19) diawali pembacaan Al Quran, lagu Indonesia raya, mars hubbul wathan dan sambutan mewakili Yayasan berjalan dengan lancar dan interaktif.