PERGUNU BALI GELAR SAFARI RAMADHAN

Bali – Jajaran pengurus PW Pergunu Bali pada hari Rabu, 15 Mei 2019 bertepatan hari ke-10 Ramadhan mengawali Safari Ramadhan 1440 H di Masjid Nurul Huda Desa Kampung Gelgel Klungkung Bali. Desa Kampung Gelgel Klungkung adalah desa muslim dengan jumlah peenduduk berkisar 1.300 jiwa (700-an KK). Kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan yang diselenggarakan secara bergilir sebagai tradisi silaturrahmi antar pengurus, anggota dan sekaligus berbaur bersama masyarakat. Ketua PC Pergunu Klungkung Ust. Hairum mendapat kesempatan pertama menerima kunjungan keluarga besar Pergunu Bali bersama masyarakat Gelgel dengan penuh antusias.

Kegiatan ini diawali dengan khataman dan ratiban yang digelar jamaah Masjid Nurul Huda dengan menghadirkan ketua MUI Klungkung, Jajaran Kemenag, Forum Ukhuwah Muslim Klungkung (FUMK), Pimpinan Pondok Pesantren, Takmir Masjid, Banom NU, Para guru dan ustadz/zah di wilayah Kampung Gelgel. Kedatangan rombongan Pergunu Bali disambut hangat oleh ketua Takmir Masjid Nurul Huda Kampung Gelgel H. Mahyudin didampingi Ketua PC Pergunu Klungkung. Dalam sambutan selamat datang dari Sahidin, A.Ma selaku Perbekel (Baca:Kepala Desa) Desa Kampung Gelgel menyambut baik acara ini sebagai momentum silaturrahmi antar ummat dan juga perkenalan Pergunu pada Masyarakat Klungkung dan kalangan akademis di madrasah/sekolah.

Perbekel meminta Pergunu untuk bersama masyarakat bisa meningkatkan kualitas dan prestasi pendidikan dan madrasah termasuk dorongan untuk MIN Gelgel sebagai ikon masyarakat setempat. Demikian juga ketua Forum Ukhuwah Muslim Klungkung (FUMK) H. Nasrullah, S.Pd. sangat menyambut positif acara kebersamaan ini sebagai upaya merekatkan kembali ummat Islam di daerah minoritas. Ketua Forum juga berharap bisa terbangun sinergi bersm Pergunu dikemudian hari sebagai jalan bersama membangun ummat dan dakwah.

Dilain pihak Ketua PW Pergunu Bali Drs. H. Makhfud, M.A dalam sambutannya juga sangat mengapresiasi sambutan masyarakat Kampung Gelgel dan PC Pergunu Klungkungan atas acara tersebut. Makhfudz juga memaparkan sejumlah program dan kegiatan Pergunu Bali yang akan datang agar dikenal oleh masyarakat. Berikutnya, Korwil IV PP Pergunu Lewa Karma dalam sambutan sosialisasi Pergunu menyampaikan informasi dari keberadaan PP Pergunu hingga eksistensi Pergunu di Bali sejak tahun 2014 yang lalu. Lewa juga menyinggung sejumlah capaian program kerja Pergunu Bali seperti pendataan anggota, penguatan PC dan pembentukan PAC Pergunu termasuk informasi tentang beasiswa IKHAC sebagai bentuk kerjasama PP Pergunu dengan Ponpes Ammanatu ummah dan IKHAC. Bali mendapat kehormatan sejak 2016 mengirim mahasantri sampai saat ini sudah 27 orang diantaranya 24 orang Program S1 dan 3 orang Program S2. Sementara PC Pergunu Klungkung sudah mengirim 3 orang Mahasantri S1 sebagai calon pemimpin ummat masa depan.

Sebagai bentuk tali kasih dan hubungan baik dengan masyarakat PW Pergunu Bali menitipkan sejumlah bingkisan untuk diteruskan kepada anak yatim piatu (Panti Asuhan) melalui Takmir Masjid dan PC Pergunu Klungkung. Acara ini juga dikemas sesuai dengan tradisi masyarakat Kampung Gelgel yang memang memiliki kekhasan tersendiri sebagai desa muslim tertua di Klungkung. Diakhir acara para undangan dan masyarakat melaksanakan buka puasa, shalat magrib berjamaah dan santap malam bersama dengan tradisi mekibung (megibung) atau makan bersama dalam satu nampan (talam). Umumnya satu nampan untuk 3 sampai 4 orang sebagai manifestasi kesederhanaan sekaligus kebersamaan. Sajian menu makan buka puasa ini disiapkan secara suka rela oleh masyarakat untuk jamaah dan tamu undangan. (Lewa/Bali)