Outing Class Santri Al Hamidiyah Kaji Islam Nusantara Ke Cirebon

Cirebon – Ratusan santri putra putri pondok pesantren Al Hamidiyah Depok melakukan Outing Class dan Studi Tour ke Kota Cirebon Jawa Barat, Senin (4/3).

Perjalanan studi ini tiada lain untuk mendalami keragaman budaya Islam Nusantara yang telah tertanam dan membumi di Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkap oleh Pengurus Departemen Pendidikan dan Kaderisasi Persatuan Guru Nahdlatul Ulama, PC Pergunu Kota Depok Ustadz Abdul Mun’im Hasan, S.Pd.I yang turut serta mengawal perjalanan studi tersebut.

” Islam Nusantara merupakan Islam di Nusantara yang di dalamnya mengandung Khushushiyat yang kental dengan budaya bangsa Indonesia, diantara yang patut diketahui santri yaitu kebudayaan Islam Nusantara yang dijaga, dipertahankan oleh Nahdliyyin Cirebon.”  Ucap Kang Mun’im yang aktif mengajar di Pesantren Al Hamidiyah.

Dirinya melanjutkan bahwa Cirebon memang dikenal sebagai pusat peradaban Islam, karena disana pernah hidup seorang waliyullah yaitu Sunan Gunung Djati. 

” Adanya Makam Sunan Gunung Djati dan berbagai peninggalan sejarah Islam Nusantara yang dijaga oleh Ulama Cirebon dan pihak keraton, menunjukan kuatnya akar sejarah Islam Nusantara disana dan itu patut dikaji, didalami oleh Santri Millenial.” Tegas Kang Mun’im yang menjabat sebagai Koordinator Pengurus Asrama Al Hamidiyah.

Perjalanan ratusan santri Al Hamidiyah menggunakan 6 Bus pariwisata, di Cirebon sempat singgah meraih keberkahan di beberapa tempat seperti Museum Keraton Kasepuhan, IAIN Syeikh Nurjati, Goa Sunyaragi, Langgar Agung, dll. 

( Santri Noesantara/Hady)