Nahdliyyin Bogor Ziarah makam Syaikh Abdus Shamad al-Palimbani dan tiga Negara

Ziarah yang artinya adalah berkunjung, salah satu tradisi ziarah ini banyak dilakukan oleh kaum Nahdliyyin atau yang disebut NU, mengunjungi makam orang-orang sholeh para wali Allah, Alim ulama maupun para Nabi. 

Di Nusantara yang mayoritas pengikut mazhab Imam Syafii, dan yang terikat dengan almaliyah Nahdliyyin, menjadikan tradisi ziarah ini rutin dilakukan, terutama ziarah kepada kedua orang tua dan para auliya ulama sekitar dengan harap mendapatkan keberkahan dan sekaligus mengingat kematian.

Pada kali ini sekitar 30 orang Bogor mengadakan Ziarah ke tiga negara sekaligus, yang dipimpin oleh Ustadz Brama Kumbara (UBK) dan Dr. KH. Aim Zaimuddin yang juga sebagai Suriyah PCNU kabupaten Bogor.

Sore hari (21/2/19) kami sudah berkumpul di Bandara Soekarno Hatta Jakarta, sekitar pukul 18.00 WIB menunggu Boarding pass untuk terbang langsung ke Singapore dengan pesawat maskapai yang terjadwal berangkat sekitar pukul 20.35 WIB.

Alhamdulillah sekitar pukul 23.00 waktu setempat kami tiba di bandara Taping Malaysia lalu kami melanjutkan untuk Border check pasport bersama rombongan dengan mengisi form check point country dan setelah selesai kami menuju hotel tempat transit untuk beristirahat.

Ke esokan hari yaitu pada hari jumat tgl 22 Februari 2019 destinasi pertama ziarah kami adalah menuju makam Habib Nuh, diantara tinggi menjulangnya gedung-gedung pencakar langit di Singapura, terdapat sebuah makam di atas sebuah gundukan tanah yang cukup tinggi di Jalan Palmer (Palmer Road). Di situlah terbaring jasad Habib Nuh bin Muhammad Al-Habsyi, seorang tokoh Islam Singapura. di Komplek Masjid Muhammad Shaleh Singapore, beliau adalah satu dari tujuh waliyullah yang berada di Singapore. 

Kami beserta rombongan dapat melaksanakan Sholat Jumat di Masjid tersebut yg juga sering di gunakan juga untuk kegiatan Manaqib Tuan Syeh Abdul Qodir Al Jailani yang menurut penuturan pengurus masjid tersebut, tak sedikit juga jamaah dari warga disini sering ikut serta ke Majlis Al Khidmah Ke dinding atau di Surabaya yg dipimpin Syekh KH. Asrori Al Ishaqi Bin Syekh KH. Usman Al Ishaqi.

Kami menginap di Malaysia dan esok harinya kami berangkat ke kota tua Malaka di Malaysia yg banyak di kunjungi oleh wisatawan dari Mancanegara lalu kami lanjutkan perjalanan ke Kota bebas di sana yaitu Genting High Land juga kami menikmati keindahan kota tersebut dan kami balik ke hotel untuk istirahat sejenak.

Ke esokan harinya kami sekira jam 15 00 wib bersiap-siap perjalanan menuju Ke Thailand dan yang pertama kami kunjungi adalah Ziarah ke makam Syekh Abdul Somad Al Palembangi di Hat Yai Pattani salah satu kota di bagian Selatan Thailand. Syaikh Abdus Shamad al-Palimbani adalah seorang tokoh sufi penulis kitab-kitab sufi yang berasal dari Palembang Indonesia. Abdus Shamad lahir pada 1116 H M dan wafat pada 1203 H dalam usia 85 tahun, di Palembang. Tentang nama lengkap Syeikh Al-Falimbani, 

H. Amir diwilayah makam Syekh Abdussomad

Setelah selesai sekira jam 10.00 WIB kami keliling tempat lain yg biasa di kunjungi wisatawan lainnya dan kami di Thailand kurang lebih dua hari satu malam lalu.

Dari Thailand pukul 15.00 WIB di hari berikutnya dengan diantar bus pariwisata antar negara untuk menuju bandara Taping di Malaysia perjalannya sekitar 9 jam dan kami sampai di antara sekitar pukul 2.00 dinihari untuk mengurus Check point board untuk Boarding pass yg di mulai jam 4.00 WIB dinihari kami sejenak menunggu di bandara tsb unk kembali ke Indonesia dengan jadwal penerbangan jam 08.35 WIB dan kami pun sampai di bandara Soe Ta sekitar jam 9.00 wib ..alhamdulillah semua rombongan tiba dengan selamat dan bisa pulang kembali ke rumah masing2 demikian perjalanan singkat ziarah 3 Negara yaitu star dari indonesia ke Malaysia ke Singapore ke Thailand dan kembali ke Indonesia
H. Amirulah. SH
Wa Sek PCNU Kab. Bogor