LTNNU Bogor gelar Seminar Jurnalistik Santri Damai bersama Pergunu dan Peace Leader Bogor

Persatuan guru Nahdlatul Ulama (PERGUNU) Road Show ke Pondok Pesantren Tansyitul Muta’alimin, sebagai rangkaian Peringatan Hari Santri 2019, Acep Pudholi, M.Pd selaku ketua PERGUNU kota Depok hadir menyampaikan amanah kepada ratusan siswa-siswi santri yang hadir.

Pantauan Santrinoesantara.com kegiatan dilakukan di Aula Ponpes, Sabtu (28/9/2019). Acara ini dihadiri langsung oleh ketua PERGUNU kota Depok beserta segenap jajaran pengurus, LTNNU Jabar, Akademisi kota Depok IPNU IPPNU, LTNNU kabupaten Bogor dan Banser.

Selain itu, hadir Dasmansyah sebagai pemerhati Pendidikan, Hakim Kautsar ketua Peace Leader Bogor, Peserta acara ialah siswa-siswi, santri-santri dan jajaran dewan guru Ponpes.

Pelajar penting sekali dalam memahami dunia jurnalistik damai, karena akan menjadi modal untuk berlaku bijak dalam membuat postingan, terlebih membantu dalam menebarkan perdamaian, menjaga kerukunan dan keutuhan NKRI, mari bersama melakukan menebar benih persamaian sejak dini terutama dilingkungan sekolah, hindari tawuran, saling ejek antar sekolah yang hanya akan menimbulkan perpecahan. Ujar Hakim saat memberi materi tentang Jurnalistik Keberagama dihadapan ratusan santri. 

Ratusan santri ikuti seminar Jurnalistik santri damai 

Pergunu adalah badan otonom NU yang menghimpun dan menaungi para guru, dosen, dan ustadz. Secara organisasi, Pergunu dibentuk dari hasil Konferensi Lembaga Pendidikan Ma’arif NU pada tahun 1952. Konferensi merekomendasikan untuk membentuk organisasi guru NU. Jelas Acep saat Sosialisasi ke NU an di hadapan ratusan siswa dan guru yang memadati ruangan.

Setelah melalui proses yang cukup panjang, Pimpinan Pusat Persatuan Guru NU berhasil dibentuk pada 14 Februari 1959 dengan Ketua Umum Bashori Alwi.

Kongres I Pergunu di Pesantren Amanatul Ummah, Mojokerto, pada 23-24 Juli 2011, memilih KH Asep Abdul Halim sebagai Ketua Umum PP Pergunu Periode 2011-2016. Pada kongres selanjutnya, KH Asep Abdul Halim dengan masa kepemimpinan 2016-2021.

Kalau ketua Pergunu Jawa Barat, kita di pimpin oleh Dr. Saepuloh, M. Pd yang berasal dari Bandung Jawa Barat, di kota Depok sendiri PC Pergunu baru satu tahun menjalankan roda organisasinya. Terang Acep.

Selain itu acara yang berlangsung sejak pagi hingga menjelang dzuhur dirangkai dengan Deklarasi Pelajar Damai, yang mengusung persatuan dan tekad Pelajar untuk setia pada NKRI dan tidak ikut-ikutan turun ke jalan untuk Demo anti Pemerintah yang sah.

Tugas kita adalah belajar dikelas, bukan turun ke jalan-jalan, sebagaimana yang telah dilakukan beberapa hari lalu, dengan dalih menyuarakan aspirasi yang sejatinya mereka bersikap rusuh dan menimbulkan anarkis serta pengrusakkan fasilitas umum di Jakarta. Itu bukanlah sifat seorang pelajar, ujar ketua Pergunu.