Lewat Kaligrafi, Pergunu Depok ajak Pelajar menjaga Tradisi Islam

Margonda-Depok (22/7/19)-kaligrafi merupakan seni tulis yang berkembang di Jazirah Arab. Kaligrafi selalu menjadi suatu seni tulis yang indah dan selalu terdapat di setiap sudut masjid.

Pada umumnya kaligrafi merupakan tulisan Arab yang ditulis dengan beberapa guratan dengan memperhatikan unsur artistik dari setiap tulisan. Tulisan tersebut selalu menjadi hiasan seni rupa yang disukai oleh banyak orang.

Hasil karya pelajar SMP Lazuardi Al Falah

Seni kaligrafi sendiri lebih terkenal pada dunia Islam. Sebab, kaligrafi biasanya diambil dari penggalan-penggalan dalam kitab suci Al Quran, Hadis Nabi atau kalam hikmah para Ulama, Biasanya seni kaligrafi yang masuk ke dalam seni rupa Islam selalu menjadi hiasan di dinding-dinding rumah ataupun masjid.

Alhamdulillah kali ini, pengurus Pergunu kota Depok yang juga pengajar di salah satu sekolah swasta di daerah Margonda raya, mengajar seni Kalighrafi dan memperkrnalkan seni ukir dengan metode yang berbeda, bisa dilihat hasil karya siswa/i bimbingan ini, yang dipamerkan diruang library sekolah tersebut.

Kaligrafi seni ukir canvas berbagai bentuk yang biasanya menggunakan cat warna dasar dan tulisan memakai koas, tapi berbeda kali ini dengan cara cutting canvas di lafadz dan hiasanya, background dasar tetap menggunakan cat warna dan koas,.

Pekerjaan ini dilakukan dengan waktu yang singkat, hanya di jam pelajaran kisaran 2×35 menit/2 jam pelajaran, para siswa/i dengan antusias dan semangat mengerjakan dibagi ke dalam beberapa kelompok, 1 hasil karya dikerjakan oleh 3 orang.

Siswa/i tingkat SMP sekolah Lazuardi Al Falah GCS yang menerapkan sekolah berbasis Welas Asih ini sudah sejak lama banyak menyabet juara perlombaan di kompetisi-kompetisi Nasional maupun Internasional dari berbagai bidang lomba.

Alhamdulillah saat ini kegiatan ektrakulikuker sekolah dan Club Sekolah diterapkan untuk menunjang bakat, minat dan prestasi para siswa/i sekolah tersebut.