Keunikan Walimatul Halqi dan Kearifan Lokal Warga NU Tenjo Bogor

Kearifan lokal Walimatul Halqi warga NU Tenjo Bogor 

Bogor – Kegiatan walimatul Halqi ( Mencukur rambut bayi ) sebuah acara spiritual mengikuti anjuran Sunnah Rasul Saw dan menjungjung tinggi kearifan lokal, bilkhusus di wilayah Tenjo Kabupaten Bogor Jawa barat.

Acara walimatil halqi berlangsung pada Minggu Malam Senin, ( 22/9) dimulai dengan Pembacaan Tawassul oleh tokoh setempat dan dilanjutkan dengan lantunan syair – syair Marhaba.

Abah KH Abidin tengah memotong rambut sang bayi

Pada saat pembacaan marhaba bayi mungil di putar 3 kali putaran oleh petugas yang ditunjuk oleh keluarga dan ceremonial berlanjut menggunting sedikit ujung rambut kepala sang bayi diiringi dengan pembacaan doa oleh masing – masing Kiai serta tokoh.
Kegiatan marhaba dalam walimatul halqi ini dilakukan turun – temurun, kegiatan positifnya sarat dengan pelbagai pesan moral.

Doa yang dipanjatkan diniatkan agar bayinya senantiasa sehat dan kelak dewasa tunduk, mengikuti pada perintah Allah Swt dan Nabi Muhammad Saw, mencinta para Kiai dan patuh pada kedua orang tua.

Hadir dalam acara tersebut KH. Abidin, dirinya membacakan dan meresmikan pemberian nama bagi sang bayi dan juga memohon kepada meminta jamaah agar mendo’akan bayi. Sementara KH. Kamaludin mengusap /mengelus bayi sambil mendo’akan yang terbaik untuk sang bayi tersebut.

Dalam acara ada juga ornamen Perahu berisi uang dan permen sebagai simbol kesejahteraan dan keberkahan. Hal itu sebagai simbol agar hadirin senantiasa dapat berbagi kenikmatan kepada orang lain. Sejumlah uang dari perahu juga dishidaqohkan untuk sarana ibadah masjid, mushola dan majlis ta’lim.

Para tokoh yang hadir adalah Abah KH. Abidin ( wk. Syuriah PCNU Kab. Bogor), KH. Kamaluddin Arsyuddin ( Syuriah MWC. NU Tenjo), Kiai Kholil ( Tokoh masyarakat kp. Blok Empang Desa Tenjo), Kiai Aceng Fahrurozi ( Sesepuh pp. Bani Harun Tenjo), Ust. Iwan Setiawan, S. Pd. ( Muharik Masjid NU kab. Bogor) dan Bapak Edi Rohedi ( Ketua RT. 01/04 Kp. Sukasari Lama Desa Tenjo).
( Iwan S/ Santri Noesantara).