Instruktur Pergunu cerahkan GPAI Bali

Bali – Instruktur Pergunu Bali Moh.Sahlan, S.Ag. ditunjuk menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guru Pendidikan Agama Islam (PPKB GPAI) SD-SMP-SMA/SMK Tingkat Kabupaten Buleleng.

Kegiatan ini bertempat di Musholla Kemenag Kabupaten Buleleng. Peserta kegiatan ini adalah perawakilan dari Guru Agama Islam SD-SMP-SMA/K Se Kabupaten Buleleng terdiri dari 63 GPAI Se Buleleng. Diantaranya hadir 44 orang dimana peserta terbanyak adalah guru GPAI SD sebayak 35 orang, SMP 6 Orang, SMA/K 3 Orang didampingi juga oleh Pengawas PAI 2 Orang dan Kasi Pendidikan Islam.

Sesuai pengamatan kontributor Santri Noesantara Kegiatan berlangsung begitu seru dan peserta sangat antusias, mereka harus menuntaskan materi ajar diantaranya : Konsep PPKB GPAI, Tatacara Pengisian Evadir (Evaluasi Diri GPAI) Praktek, serta Simulasi PK Online.

Adapun Target Pelaksanaan acara ini adalah : 1). Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan atau kompetensi GPAI Di Buleleng.

2). Mempersiapkan GPAI Buleleng Dalam Rangka Ujian Pemetaan Kompetensi Online (PK Online)

3). Meningkatkan Kompetensi GPAI SD-SMP-SMA/K Kabupaten Buleleng. Sementara Ujian PK Online diagendakan setelah Hari Raya Idul Fitri secara serentak Se Bali. Untuk itu, maka dianggap perlu Sosialisasi Tatacara mendaftarakan diri ke link ppkb.Siagapendia.com.

Moh. Sahlan juga merupakan figur instruktur PKB tingkat nasional yang sekarang mengajar PAI di SMAN 2 Singaraja dipercaya menjadi ketua tim pengelola PKB Guru PAI se-Bali oleh Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Bali.

Menurut Sahlan yang juga Sekretaris PC Pergunu Buleleng ini menyatakan bahwa tugas ini merupakan tugas mulia dan sebuah kehormatan bagi Pergunu Bali. Dilain pihak Kasi Pendidikan Islam Kemenag Buleleng H. Asmari, S.Ag. mengharapkan Sahlan bisa berbagi pengalaman dan menadampingi guru PAI se Buleleng agar guru PAI memiliki kompetensi merata dlam PKB online. Demikian pula Kasi PAIS Bidang Pendidikan Islam Kanwil Kemenag Bali H. Hud Muhammad meminta aktivis Pergunu Bali ini untuk mengebut sosialisasi dan pendampingan untuk mempercepat akses informasi PKB online bagi guru se Bali.

Lewa Karma yang selaku Korwil IV PP Pergunu (Wilayah Bali NTB dan NTT) merasa bangga salah satu pengurus Pergunu bisa memberikan manfaat dan sharing ilmu di bidang pendidikan untuk guru di wilayah binaannya. Kita perlu 5 Orang seperti Sahlan di wilayah IV insyaallah nama Pergunu akan segera moncer dan dikenal luas oleh masyrakat, tandas Lewa.

Ketua PC Pergunu Buleleng ini juga mengatakan, Semua aktivis Pergunu yang memiliki kompetensi dan keahlian tertentu harus siap berbagi dan menjadi trendsetter di bidang pendidikan ujarnya. Ke depan Pergunu juga akan menyiapkan SDM khusus yang bisa menjadi narasumber, instruktur dan mentor bagi para pihak yang memerlukannya di bidang pendidikan khususnya dan segmen lainnya bila ada. (LKB-Bali)

( Santri Noesantara/ Gus Lewa Karma).