Ijazah kitab Al Muqtathafat li ahl al Bidayat, karya KH Marzuki Mustamar bagi warga Depok

Depok (29/12/18) Sabtu pagi tampak berbeda suasana Masjid Pondok Pesantren Al Hamidiyah, yang beralamat di jalan raya Sawangan kota Depok. terlihat cukup ramai padet dengan berdatangan para Asatidz Dai Nahdliyyin dan warga NU kota Depok.

Kesibukan panitia sudah terlihat lalu lalang mempersiapkan acara hari ini, yaitu “Pendidikan Kader Ahlussunnah wal Jamaah”. Menghadirkan seorang Ulama yang Khatismatik berasal dari Jawa Timur.

KH. Marzuki Mustamar merupakan salah satu diantara sekian banyak Kyai dan juga tokoh Nahdhatul Ulama yang sangat Kharismatik dan juga memiliki kemampuan keilmuan yang sangat luar biasa. Namun tingginya ilmu yang beliau miliki tak lantas membuat beliau menjadi seseorang yang congkak dan tinggi hati.

Kalau hanya dilihat sekilas mata tak akan pernah ada yang tahu bahwa beliau merupakan salah satu tokoh Nahdahtul Ulama yang sangat getol menjadi pembela Panji-Panji Nahdhatul Ulama.

Beliau memiliki sifat yang sangat sederhana dalam bertindak dan juga berbuat, dan tak akan pernah kelihatan neko-neko dalam menyikapi segala sesuatu.

Salah satu diantara karya beliau yang sangat fenomenal dan sudah dicetak ulang sampai puluhan kali adalah Al Muqtathafat li ahl al-Bidayat. Buku ini sudah di sampaikan hampir ke seluruh penjuru Nusantara. di dalam buku ini terisi beberapa sanggahan yang sangat keras kepada kelompok wahabi dan juga beberapa kelompok lain yang membid’ahkan amaliah kaum Nahdiyin.

Buku ini dikutip dari Al-Quran, As Sunnah dan juga beberapa kaidah ushul Fiqih. Buku ini tidak dijual bebas dan masih berbahasa arab. Buku ini ditujukan untuk kalangan khusus NU sendiri baik santri maupun pengurus Nahdhatul Ulama.

Harapan beliau dengan adanya buku semoga para kader NU dimana saja mengerti dan paham dengan apa yang mendasari berbagai amalan yang ada pada Nahdhatul Ulama.

Pada hari ini Kota Depok mendapat keistimewaan dengan kehadiran Beliau, in sya Allah para hadirin yang direncanakan sudah jauh hari konsep acara ini oleh penyelenggara yaitu PCNU kota Depok. Akan ada Ijazah kita tersebut kepada warga Nahdliyyin yang hadir.

Terpantau oleh admint santrinoesantara. Cok dilokasi acara, tampak hadir para peserta dari semua ranting maupun MWC se kota Depok, tak ketinggalan para Guru-guru yang terhimpun dalam Persatuan Guru Nahdlatul Ulama biasa disebut PERGUNU PC Kota Depok dengan ciri khas pakaian Batinnya.