HSN Pangandaran Santri Fair 2019 bersama Drs. KH. Habib Umar bin Husein Assegaf

Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Peringatan ini, ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 22 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta.

Penetapan Hari Santri Nasional dimaksudkan untuk meneladankan semangat jihad kepada para santri tentang keindonesiaan yang digelorakan para ulama. Tanggal 22 Oktober merujuk pada satu peristiwa bersejarah yakni seruan yang dibacakan oleh Pahlawan Nasional KH Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Seruan ini berisikan perintah kepada umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara Sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Republik Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada peringatan HSN tahun 2019 ini akan menggelar serangkaian kegiatan. Di malam puncaknya akan dilakukan pembacaan 1 miliar sholawat nariyah untuk Keselamatan Bangsa secara serentak di seluruh Indonesia.

Dilain tempat, tepatnya bagi warga masyarakat Pangandaran, akan menggelar acara Pangandaran Santri Fair 2019 yang berlokasi di Masjid Agung Pangandaran, pada tanggal 23 Oktober 2019 yang akan di hadiri oleh Al Habib Umar bin Husein Assegaf, da’i kondang pemersatu sejuta umat yang berasal dari Bandung.

Seluruh perangkat Pemda Pangandaran yang bekerja sinergi bersama Pengurus NU setempat dengan para Banom-banom NU ikut serta bahu membahu dalam rangka menyemarakkan HSN di wilayah Pangandaran.