Dzikrul Ghafilin Menguatkan Perjuangan Nahdliyin PCNU Kabupaten Bogor

Mbah Mad bersama Nahdliyin PCNU Kabupaten Bogor

Bogor – Perbanyak dzikir di waktu pagi dan petang, dzikir membuat hati tenang. Pribadi yang tenang dan bersahaja akan tangguh menghadapi segala situasi dan problematika kehidupan. Termasuk, dalam kehidupan bermasyarakat dan berorganisasi.

Dalam berkhidmat di organisasi yang didirikan para ulama, yakni Nahdlatul ulama, dibutuhkan pribadi-pribadi yang tenang, membawa kesejukan bagi warga Nahdliyin. Untuk itulah maka digulirkan kegiatan Dzikrul Ghofilin di gedung PCNU kab. Bogor. Tepatnya Jum’at (6/12)  adalah kegiatan Dzikrul Ghofilin putaran kelima.

Kegiatan tersebut sudah berlangsung selama lima bulan. Insyallah jamaah sepakat kegiatan ini tetap dilanjutkan secara kontinyu, istiqomah setiap awal pekan tiap bulannya. Seiring perjalanan Dzikir Ghofilin di PCNU kab. Bogor, tampak kian “greget”, seakan merasa ada sesuatu yang hilang jika tidak ikut Dzikrul Ghofilin. Ini pertanda mulai tertanam semangat bersama untuk berdzikir.

KH. Ahmad Bukhori yang akrab disebut sebagai Mbah Mad dengan telaten, penuh kesabaran dan semangat yang membara membimbing jamaah dzikir. Semoga dengan Istiqomah dan ikhlas dapat memantulkan sinar pribadi yang berdzikir, laksana mutiara. Karena sesungguhnya, cahaya Nur Ilahi, terpancar kepada kekasihnya Nabi Muhammad Saw, lalu memantul kepada para mudzakirin. Mutiara tetap akan bersinar dan bernilai, meskipun tersimpan di kedalaman lumpur dan terkungkung dalam ‘cangkang’ yang hitam pekat.

Pada Dzikrul Ghofilin itu turut hadir KH. Ahmad Ikram yang mewakili pengurus Tanfidziyah. Dirinya mengharapkan Mbah Mad dan para  jamaah mendoakan  PCNU Kab. Bogor yang baru saja melangsungkan konfercab XI pada  22 November 2019 lalu.  KH Bundari Abbas terpilih sebagai Rais Syuriah dan Ketua Tanfidziyah terpilih adalah Dr. KH Aim Zaimuddin, MA. Keduanya saat ini tengah melengkapi kepengurusan dibantu oleh Formatur lainnya.

” Semua berharap para Kiai yang terpilih dapat memilih orang-orang yang baik dan terpercaya untuk menjadi pengurus,  utamanya yang pengabdiannya di NU telah terasakan.” Ucapnya.


Adapun, KH. Toto Idris Taufik, mewakili unsur Syuriah PCNU kab. Bogor menyambut baik kegiatan Dzikrul Ghofilin ini. KH Toto siap membantu demi keberlangsungan kegiatan yang baik ini. ” Semoga kita menjadi orang baik, mari kita menyatukan potensi untuk berkhidmat di NU. Harokah kita dinanti oleh masyarakat. Hindari berkutat seputar ego pribadi. Tanpa kita bersatu dan seirama dalam berharokah, apa yang kita targetkan untuk menebar Islam rahmatan Lil Al-Amin dalam konsep Aswaja an-Nahdliyah akan berat, bahkan tersendat. ” Kata Kiai Toto.

Kiai Toto tengah menyampaikan sambutan


Adapun H. Agus Riadi dan Kang Luthfi hakiem, Lc selaku Ketua dan Sekretaris ltmnu kab. Bogor yang menggagas kegiatan Dzikrul Ghofilin di gedung PCNU kab. Bogor, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung sepenuhnya.

” Semoga kita semua mendapat berkah Allah dan dapat berkhidmat di NU. Semoga Dzikrul Ghofilin di gedung PCNU kabupaten Bogor jamaahnya kian bertambah. Kita makmurkan bumiNya. Kita Makmurkan Masjid ( rumah ) Nya.” Kata Haji Agus.

( Author ltmnu Bogor/Santri Noesantara).