Akhlak Gus Hasan PWNU Jabar Kepada Dzuriyat Rasul

Gus Hasan tengah duduk di sisi bendera Nahdlatul Ulama

Bandung – Kamis siang ( 17/1/2019) Kantor PWNU Jabar yang terletak di jalan Galunggung, Kota Bandung Jawa Barat nampak dipadati oleh Para Habaib, Kiai dan Pengurus Harian.

” Hari Kamis memang merupakan hari terpadat, hampir semua jajaran pengurus termasuk Ketua Tanfidziyah pasti datang menghadiri berbagai kegiatan yang ada disini.” ucap Ustadz Zaenuddin salah satu pengurus LTN NU Jabar yang tengah asyik ngobrol dengan para Habaib.

Kang Zaenuddin tengah sibuk membicarakan berbagai hal dengan Wakil Ketua Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama LDNU Jabar, Habib Umar bin Husein Assegaff Majalaya dan Habib Fahri serta Wakil ketua Persatuan Guru Nahdlatul Ulama Pergunu Kota Depok, H. Abdul Hadi Hasan, Lc. 

Kang Zaenuddin tidak lama mulai beranjak mengambil beberapa kotak nasi, ” Silahkan dimakan, nasi mah banyak, diatas kalau yang mau prasmanan juga bisa.” Kata Kang Zaenuddin mempersilahkan kepada yang hadir. 

Kang Zaenudin tengah duduk santai dengan Habib Umar Assegaff Majalaya dan Habib Fahri

Tidak lama berselang, semua yang duduk mulai menikmati makan siang berlauk ayam panggang yang dilengkapi lalapan sambal khas kuliner tanah Pasundan. 

Dari kejauhan ternyata Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama PWNU Jawa Barat, KH. Hasan Nuri Hidayatullah datang. Dirinya melangkah dengan penuh senyuman, tidak langsung masuk Kantor tapi mendekati Habaib.

” Wah ada habib, saya mau salaman dulu ah sama Habib, ” Ucap Kiai yang biasa akrab disebut Gus Hasan. 

Gus Hasan tidak sungkan bersalaman dan menanyakan kabar Habib Umar Assegaff  Majalaya dan lainnya. Padahal ketiga pengurus NU itu tangannya sedang kotor dipenuhi nasi dan bau sambal. Ini merupakan Akhlak mulia yang dipraktikan oleh seorang Kiai.

Gus Hasan begitu hormat dan mencintai para Habaib karena mengerti bahwa pada diri seorang Habib ada tetesan darah  Rasul Saw yang mengalir, juga ada ilmu yang diwariskan Rasul Saw pada para Dzuriyatnya.

( Santri Noesantara/hakim).