Peringatan 40 Hari Wafatnya Abuya Nawi, Habib Ali: “Abuya sifatnya Pemaaf

Depok (28/12/19)-Demikian mauidzah hasanah yang disampaikan oleh al Habib Ali bin Abdurrahman Asseggaf pada saat peringatan 40 Hari wafatnya Ulama Betawi Abuya KH Abdurrahman Nawi di Pondok Pesantren Al-Awwabin, Jl Raya Sawangan No. 21 Kota Depok Jawa Barat.

Turut memberikan tausiyah yaitu KH Faiz Syukron Ma’mun yang menyoroti pentingnya mempertahankan amaliyah Ahlissunnah Wal Jamaah sebagaimana yang dilakukan oleh Abuya Nawi dan jangan terganggu oleh tuduhan tak berdasar dari sebagian kalangan.

Drs KH Ahmad Mukhtar, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al-Awwabin, memberikan sambutan atas nama keluarga dan mengajak jamaah untuk turut membantu terwujudnya cita cita Abuya yaitu mempersatukan ulama Ahlissunnah Wal Jamaah.

“Abuya dan para ulama pernah membentuk PUADII (Persatuan Ulama Ahlissunnah wal Jamaah dan Dai Islam Indonesia). Namun visi misinya belum terwujud” ujar Kiai yang merupakan alumni Madrasah Syariyyah Lil Banin Damaskus Suriah dan Mustasyar MWC NU Pancoran Mas Depok ini.

KH Nazoruddin, putra Abuya juga turut menyampaikan tausiyah dan Mauidzoh Hasanah tentang pentingnya berbakti kepada orang tua.

“Allah telah menetapkan agar kita tidak boleh menyekutukan-Nya dan agar kita berbuat ihsan kepada kedua orang tua” tutur pria yang pernah menimba ilmu di Universitas Al Azhar Kairo tersebut sambil mengutip ayat al Qur’an.

Para ulama dan habaib serta jamaah kaum muslimin dan muslimat turut hadir mendoakan Abuya KH Abdurrahman Nawi. Di antaranya Habib Abi Dzar, Habib Abdurrahman, KH Zainissolihin, KH Dr M Yusuf Hidayat, KH. Drs Fatchurrochman, KH Qurtubi Nafis, KH Ubaidillah Hamdan, KH Lutfi Zawawi, KH Hasbiyallah, Kyai Zainal Arifin, Dr Abdurrozak, dan para asatidz lainnya.

Acara ditutup usai Tausiah dari Habib Ali Asseggaf.

Peringatan 40 Hari wafatnya Abuya pada hari dan jam yang sama’ juga diadakan di Masjid Al-Awwabin Bedahan Sawangan Depok / Pondokyang di sampingnya terdapat makam Abuya KH Abdurrahman Nawi.

Turut hadir KH M Afani, murid Abuya yang pernah menimba ilmu di Mekah, Sayyid Muhammad Alwi Al Malikiy, para asatidz setempat, Ust Abdul Wahhab, Ust. KH. Ahmad Sasih, dll. dan Ustadzah Hajjah Diana Rahman (Putri Abuya Pembina Asrama Putri Al-Awwabin Bedahan) juga turut hadir.

Sambutan atas nama keluarga disampaikan oleh Kyai Abdul Rosyid (Putra kedua Abuya Nawi). Beliau menyampaikan bahwa acara 40 hari di Bedahan diadakan dalam rangka mencari Ridha Allah Subhanahu wa Taala.
Di samping itu, warga sekitar juga ingin mengungkapkan kecintaannya kepada Abuya KH Abdurrahman Nawi dengan menggelar doa bersama. Adapun tausiah disampaikan oleh KH Muhammad Syafiq dari Cibinong.

Sehari sebelumnya, Jumat malam 27 Desember, kegiatan Doa bersama untuk Abuya juga diadakan di Masjid Al Hidayah Perum Rivaria Sawangan oleh Badan Komunikasi Pemuda masjid (BKPM) Kelurahan Bedahan bekerjasama dengan Forum Silaturrahim Majelis (FOSIMA) Kecamatan Sawangan. Tausiyah disampaikan oleh KH Drs Achmad Muchtar dan KH Asep Syamsurrijal. (Darul Quthni)